#Repost #Promote | Liburan? Ramadhan? Puasa? Amalan teteup jalaaaaan! #3




Halo temen-temen^^
Selamat bulan Ramadhan selamat menunaikan ibadah puasa!
Hmm pada bingung ga sih kalau liburan terus pas puasa mau ngapain? Kalau jalan-jalan rasanya males, mau main bingung main apa. Harusnya enggak usah bingung soalnya Ramadhan kan aturan udah diharusin kudu ngapain aja. Yang jelas ngelakuin hal-hal yang positif dan bisa ngehasilin pahala.. Kan sayang Ramadhan cuma dateng setahun sekali dan belum tentu tahun depannya bisa ketemu lagi.. Wallahualam.
Nah, aku mau ngingetin aja kalau liburan ada beberapa hal yang enggak boleh dilupain:






  • Al Hasyr+Subhanallahiwabihamdihi: Al Hasyrnya ayat 22-24 yap. Oh iya ak hasyr itu surat ke-59. dengan membaca Al Hasyr kita punya pelindung yang keren buanget yaitu 70000 Malaikat. iya, malaikat. keren kaan. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Barangsiapa membaca tiga kali di pagi hari, A’UUDZU BILLAAHI MINASY SYAITHAANIR RAJIIM kemudian membaca tiga ayat terakhir surat Al Hasyr, maka dengannya Allah akan menugaskan tujuhpuluh ribu malikat untuk mendoakannya hingga sore hari dan bila ia meninggal pada hari itu, ia mati dalam keadaan syahid dan barangsiapa mengucapkannya di sore hati, kedudukannya sama seperti itu.” (Tirmidzi) Terus, bacaan Subhanallahiwabihamdihi ini, dibaca setiap saat ya kan gampang dihafal hehe, dengan membaca lafadz tersebut, dosa kita walaupun sebesar buih dilaut akan dihapuskan oleh Allah SWT  insyaAllah,WallahuAlam                                          
  •  image

    1. Sholat Dhuha: Biasanya kalau nggak liburan sholat dhuhanya di sekolah kan?? hmm itukan sekitar jam 09.30 WIB, nah kalau liburan jangan dibiasain bangun jam segitu keatas, jam 10 jam 11 atau bahkan pas dhuhur._. sayang kan pahalanya hilang. coba baca ini temen-temen. Baca ini, keren:"Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim) Nahh jadii mendingan kalau habis sahur nggak usah tidur, tilawah atau nonton tausiyah atau kalau masih ngantuk nonton Spongebob dulu apa streaming Masha and The Bear *Kebiasaan* kan habis ketawa jadi nggak ngantuk, baru deh tilawah.
    2. Ayat Kursi: Ayat Kursi punya manfaat banyak banget. Contohnya dari HR. An-Nasai: "Siapa yang membaca ayat kursi di akhir setiap sholat wajib, maka tidk ada yang menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematiannya" jadi jangan lupa setiap habis akhir sholat wajib baca ayat kursi yaaah.. habis Sholat sunnah juga boleh banget lho hehe, supaya nggak ada setan dirumah juga: Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu sesungguhnya Rasulullah sallallahu alaihi wa salalm bersabda,
      سورة البقرة فيها آية سيدة آي القرآن لا تقرأ في بيت فيه شيطان إلا خرج منه: آية الكرسي
      “Dalam surat Al-baqarah ada ayat-ayat utama dari ayat Al-Qur’an. Tidaklah engkau membacanya di dalam rumah, kecuali setan akan keluar. Itu adalah ayat Kursi.” 
    3. Sholat Tahajjud: Mungkin ini yang masih agak susah, aku jujur aku juga belum bisa rutin, tapi insyaAllah target di bulan Ramadhan ini mau rutin, ayo temen2 barengan yaa Tahajjudnya :D ohiya fyi ternyata Sholat Tahajjud itu merupakan perintah sholat wajib yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebelum perintah sholat 5 waktu diturunkan.. “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim ) Sholat malam ini, dibagi menjadi3 bagian untuk sub waktunya. yang pertama adalah 1/3 malam pertama (Ba’da Isya-22.00), 1/3 malam kedua (22.00-01.00), dan 1/3 malam terakhir (01.00-Subuh). semua utama tapi yang paling utama yang di 1/3 malam terakhir. ayo set alarm!
    4. Al Ma’tsurat Biasanya al-matsuratan di sekolah?? naah sekarang pas liburan dirumah yaa apa dimana deh dibaca 2x pagi dan sore..
    5. Al Kahfian Nah kalau ini tiap malam jjum’at..
      Dalam riwayat dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,
      مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
      "Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at." (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)
      InsyaAllah dosa kita diantara dua jum’at diampuni Allah SubhanahuWaTa’ala aamiin.. ohiya waktu membacanya adalah ketika matahari terbenam di hari kamis dan berakhir ketika matahari terbenam di hari jum’at. waktunya cukup lama kook 110 ayat dibaca 30 menit insyaAllah bisa. semangat!
    InsyaAllah baru itu yang bisa aku share, sebenarnya masih banyak banget kan amalan yang bsa dilakuin, kalau jaman SD Ramadhan tuh waktunya ke masjid tujuannya minta tanda tangan untuk buku kegiatan.. ihihi, flashback dikit lah hehe. yang kaya gitu enggak papa awalnya dipaksa, biasa, bisa! (-Ibu Tini, Guru Kimia kelas X) Nah awalnya dipaksa bangun pagi, ke masjid untuk TTD, lama-lama kebiasaan ke masjid, lama0lama kemasjid sepenuhnya Lillahi Ta’ala. aamiin.. Semoga postingan ini bermanfaat. maaf kalau ada bahasa yang tidak berkenan, atau ada yang terlalu alay ehehehe._.
    Selamat menunaikan ibadah puasa, Semangat beramal di bulan Ramadhan yang suci ini temen2! ada sedikit kutipa bagus nih tentang amalan, semoga bermanfaat amiin
    "Amalan sedikit namun konsisten akan menghasilkan hasil yang besar dibandingkan amalan banyak namun terhenti di pertengahan.

    Amalan yang banyak namun tidak konsisten saja amat disayangkan, apalagi amalan yang sedikit dan tidak konsisten. Lebih diperparah dengan kicauan cita-cita tinggi dan harapan menggunung.


    Bedanya pengharap mulia dengan pemilik angan-angan panjang atau pengkhayal adalah: yang pertama berharap sembari konsisten melangkah meski sedikit, sedangkan yang kedua adalah big talk small act.


    Don’t cry.” -Muhammad Abduh


    Terimakasih sumber2 hadist, Barakallah.. :)



    Post a Comment
    Abdurrachman Azis. Powered by Blogger.