Creator and ASUS ZenBook UX410UQ - For All Content Creators Need

9:12 PM


azisblog - Content Creator merupakan Seseorang yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten tersebut dibuat untuk media, terutama media digital seperti Youtube dan Blogger. Content Creator saat ini ada dua jenisnya, dan untuk saat ini yang paling sering terlihat adalah Blogger dan Video Blogger  (Youtuber). Blogger sebagai Content Creator berbentuk artikel dan gambar dan Video Blogger/Youtuber dengan konten berbentuk video. Tentunya kedua jenis Content Creator tersebut memerlukan PC yang dapat mendukung aktifitasnya, seperti editing photo, menggambar vektor, rendering video dan lain lain. Hal tersebut merupakan aktivitas yang memerlukan spesifikasi PC dengan prosesor cepat, kartu grafis yang handal dan memori RAM yang cepat pula. 


Content Creator tidak selamanya statis didepan PC-nya, banyak sekali Content Creator yang pergi keluar rumah untuk mencari inspirasi. Seorang Content Creator tentunya membutuhkan laptop yang mudah dibawa kemana-mana dengan spesifikasi yang mumpuni dalam mendukung kinerja Content Creator itu sendiri. ASUS merilis sebuah Ultrabook yaitu ASUS ZenBook UX410UQ yang memberikan semua kebutuhan dalam mendukung kegiatan produktifmu dimana saja dan kapan saja secara mobile, sehingga kamu bebas untuk merealisasikan ide-ide mu di luar ruangan dengan tanpa ragu meninggalkan PC-mu karena ASUS ZenBook UX410UQ memberikan spesifikasi mantap yang tak kalah canggih dengan PC dan tentunya tetap dalam ukuran yang tipis dan mudah dibawa kemana-mana. "Ultra Sleek. Non-Stop Performance"

Ultrabook ini masuk kedalam Flagship dari Asus ZenBook, spesifikasi ASUS ZenBook UX410UQ dibekali dengan prosesor generasi ke-7 "Kaby Lake" Intel® Core™ i7-7500U. ZenBook ini menggunakan VGA Geforce 940MX dengan memori VRAM yang cukup besar, yaitu 2GB GDDR3 yang dapat mendukung semua aktifitasmu dalam berkarya dengan performa grafis yang tinggi, seperti editing video, desain grafis hingga melakukan aktifitas gaming. Built in RAM yang ada di ASUS ZenBook UX410UQ menggunakan tipe RAM terbaru yaitu DDR4 dengan memori 8GB serta RAM speed yang sangat cepat yaitu 2133MHz. Jika 8GB dirasa masih kurang, ZenBook ini dapat menampung RAM hingga 16GB.

Hal yang menjadi keypoint dalam sebuah Ultrabook yang pertama tentunya adalah light body and compact atau berat laptop yang ringan dan ringkas, daya tahan baterai yang lama, performa yang dapat mendukung mobilitas penggunanya dan kenyamanan dalam hal keyboard maupun trackpad. Semua kriteria tersebut telah terjawab dengan ASUS ZenBook UX410UQ. ASUS ZenBook UX410UQ merupakan Ultrabook dengan bobot yang hanya 1.4 Kg dan ketebalan yang sangat tipis yaitu 18.95 mm tanpa mengorbankan port konektivitas serta didukung dengan layar 14" Full High Definition (FHD). Baterai yang digunakan ZenBook ini menggunakan 3 sel dimana dapat bertahan hingga 48 Watt hours. Mari kita bahas tiap komponen yang tersusun pada keindahan ASUS ZenBook UX410UQ ini.
 .

ASUS ZenBook dirancang untuk seseorang yang sangat aktif dalam hal berkreasi dengan desain yang sangat futuristik dan elegan. ASUS ZenBook UX410UQ mempunyai tebal fisik yang sangat tipis hanya 18.95 mm. Bahan yang digunakan dalam Zenbook ini adalah Solid Aluminum Alloy sehingga membuat Zenbook ini menjadi lebih ringan yaitu dengan 1.4 Kg. Dibalik indahnya Zenbook UX410UQ ini adalah dibuat dengan proses yang sangat detail, kalau bahasa inggrisnya precisely-controlled manufacturing steps sehingga membuat ASUS ZenBook UX410UQ menjadi Ultrabook dengan desain yang sangat sempurna dalam setiap inch nya. Hal ini tidak terlepas dari desain khas ASUS ZenBook, yaitu finishing spun-metal yang unik dengan motif lingkaran terinspirasi dari Zen, memberikan kesan tangguh dengan durabilitas yang tinggi. ASUS ZenBook UX410UQ tersedia dengan dua warna; Quartz Grey dan Rose Gold. Lihat keindahannya di Image Slider dibawah ini

ASUS ZenBook UX410UQ


ASUS Zenbook UX410UQ telah dibekali  Intel® Core™ i7-7500U. Intel® Core™ i7-7500U merupakan prosesor Dual-Core berteknologi fabrikasi 14nm [Intel.com] Arsitektur pada prosessor ini adalah arsitektur generasi ke-7 milik Intel dengan name code "Kaby Lake". Intel® Core™ i7-7500U merupakan optimasi dari generasi sebelumnya (Skylake). Prosesor ini memiliki kecepatan Clock sebesar 2.7 GHz di setiap core-nya. Setelah saya bandingkan dengan prosesor milik ASUS ZenBook UX310UQ (Generasi sebelumnya) yang menggunakan Intel® Core™ i7 6500U (Skylake), ASUS ZenBook UX410UQ didapat optimasi performa lebih cepat dan efektif  >15% dari generasi sebelumnya.

[ Sumber : www.cpubenchmark.com dan www.cpu-world.com ]

Intel® Core™ i7-7500U telah dibekali teknologi Turbo Boost 2.0 yang dapat membuat kecepatan clock dapat di tingkatkan hingga 3.5 GHz, bukan hanya itu, dengan Intel® Core™ i7-7500U setiap core dapat bekerja dua kali lebih banyak dibandingkan prosesor Dual-Core standar berkat adanya teknologi Hyper-Threading sehingga membuat kita dapat bekerja secara multitask yang lebih cepat. Hal ini cocok sekali untuk para Content Creator dalam berkreasi dengan rendering yang membutuhkan kecepatan clock yang cepat seperti Adobe After Effect, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro dan lain lain. Saya sempat melihat review dari Youtuber yang memiliki ASUS ZenBook UX410UQ ini, dan dia berkata bahwa,”ASUS UX410UQ ini dengan sangat mudah dan mulus melakukan preview video 4K di Adobe Premiere Pro”. Waw, menabjubkan bukan?


[ Sumber: Slashgear ]

Mungkin anda hanya berpikiran bahwa konten 4K itu hanya dapat bisa di komputer dengan spesifikasi tiniggi. Hal ini tidak bagi ASUS ZenBook UX410UQ yang dapat menangani konten 4K dengan baik dan lancar. Ya, Intel telah memberikan optimasi mantap dari IGP Intel Core i7th Generation “Kaby Lake”, dan inilah part dari inovasi Intel yang saya suka. Intel Quick Sync yang dapat digunakan bukan hanya oleh software video saja, akan tetapi juga dapat digunakan pada Microsoft Edge. Intel menanamkan hardware khusus pada IGP “Kaby Lake” yaitu Fixed Function Media Engine (FFME). Hardware unit ini berperan dalam proses encoding dan decoding video dari CPU, sehingga CPU tidak perlu bekerja keras dan dapat ditekan seminimal mungkin saat menangani konten video. Tentunya, kondisi ini dapat membuat penggunaan listrik serta temperatur prosesor lebih rendah. This is what Video Content Creators need.


FFME pada intel Kaby Lake mendukung format 10-bit HEVC dan 8/10 bit VP9 untuk decodingnya, serta 10-bit HEVC dan 8 bit VP9 untuk encodingnya. Great! Saatnya kontenmu naik kelas dengan Intel Kaby Lake ini wahai video konten kreator :D. Untuk overview yang lebih lengkap dari Intel 7th Generation "Kaby Lake", silahkan lihat di paling bawah dalam postingan ini.


ASUS ZenBook UX410UQ telah menggunakan the latest generation of Intel 7th Generation dengan IGP yang dapat menaungi semua render video hingga 4K sekalipun. Salah satu faktor Multimedia IGP 7th Generation by Intel Kaby Lake dapat dimanfaatkan dan bekerja dengan sepenuhnya adalah Sistem Operasinya, yaitu Microsoft Windows 10. Microsoft Windows 10 sangat berperan penting dalam memanfaatkan fitur-fitur istimewa dari Intel 7th Generation, dan untungnya ASUS ZenBook UX410UQ telah dilengkapi Sistem Operasi Windows 10.




Windows OS merupakan OS yang sangat compatible dan flexible dalam semua program yang dibutuhkan oleh Content Creator. Apalagi Windows 10 saat ini telah menciptakan versi khusus untuk para Creator, yaitu Windows 10 Creators Update. Windows 10 Creator Update ini mempunyai optimasi dalam kinerja, security, improving UI Windows 10, fitur-fitur baru dan aplikasi penunjang khusus untuk Creator. Nah untuk Anda para Content Creator, setelah anda membeli ASUS UX410UQ, jangan lupa untuk upgrade ke Windows 10 Creator Update sehingga dapat memaksimalkan anda dalam mengolah konten tanpa batas.


ASUS ZenBook UX410UQ mendapatkan GPU dari NVIDIA® dengan seri GeForce® 940MX. GPU ini mempunyai kecepatan clock yang sangat baik sehingga memungkinkan ZenBook UX410UQ dapat digunakan dengan sangat baik untuk Video Editing, Photo Editing maupun Gaming, apalagi VRAM-nya mencapai 2 GB GDDR3, semakin leluasa dalam berkreatifitas. GPU ini dilengkapi pula dengan fitur NVIDIA Optimus yang dapat menghemat konsumsi baterai, bukan hanya itu, NVIDIA Optimus dapat melakukan switching atau pemindahan dari grafis terintegrasi dari prosesor milik Intel ke grafis NVIDIA dan sebaliknya sesuai dengan besarnya kebutuhan yang digunakanan. GeForce® 940MX mengalami peningkatan pada generasi sebelumnya hingga 20% dan kecepatan clock 5% lebih tinggi dari GeForce® 940M. Cool Right? IGP dari Kaby Lake saja sudah sangat baik, ditambah Geforce 940MX, ZenBook ini benar-benar pada level outstanding.

[ Sumber: gpuboss.com]


ASUS ZenBook UX410UQ telah memiliki NVIDIA® GeForce® 940MX yang siap memberikan kualitas gambar yang sangat baik. Oleh karena itu ASUS membuat ZenBook UX410UQ dengan layar 14 inch LED backlit FHD (1920x1080) dalam laptop ukuran 13"! Rahasianya adalah ASUS ZenBook kali ini membuat ZenBook UX410UQ dengan 6 mm bezel less. Hal ini membuat ASUS ZenBook UX410UQ terlihat lebih luas dan leluasa saat melakukan editing, menonton video, membaca, melihat foto dan lain lain pada ukuran laptop yang hanya 13". 

Kerapatan pixel yang dimiliki adalah 276 per inch sehingga membuat layar ZenBook ini lebih detail, tajam dan jernih. Warna yang dapat dikeluarkan dengan layar ini mencapai gamut warna 72% NTSC sehingga dapat memuat lebih banyak warna, lebih akurat, jernih dari pada layar yang biasa. Display ASUS ZenBook UX410UQ ini mempunyai wide-viewing angle display sebesar 178 derajat yang dimana kita dapat melihat warna dan gambar yang konsisten dari berbagai sudut pandang. Satu lagi yang tak kalah penting, Layar yang digunakan ASUS ZenBook UX410UQ ini telah dilengkapi dengan teknologi anti-glare yang dapat meredam cahaya yang membuat pantulan (silau) dan membuat mata anda tidak mudah lelah, hal ini sangatlah cocok buat kamu yang sangat produktif sebagai Creator. 


 [ Sumber : Robert Nawrowski Youtube.com ]


Didalam layar yang tajam dan baik pada ASUS ZenBook UX410UQ, ASUS memberikan fitur yang akan membuat gambar menjadi lebih sempurna dan tetap nyaman di mata penggunanya. Teknologi ASUS Splendid, merupakan teknologi dari ASUS yang memberikan warna yang lebih baik lagi, lebih banyak, depth (mendalam) dan lebih akurat pada layar.


Teknologi ASUS Splendid terdiri dari empat mode;
1. Mode Normal merupakan mode standar atau mode yang telah dioptimalkan agar pengguna mendapatkan kenyamanan dalam menulis artikel, mengedit foto, membaca artikel. 
2. Mode Eye-Care adalah mode yang memiliki tingkat emisi cahaya biru yang disesuaikan untuk menambah kenyamanan pada mata user. Sehingga mata lebih sehat karena emiis cahaya biru tidak masuk berlebihan ke mata, dan mata pun tidak akan terasa nyaman saat digunakan berjam-jam. (Tapi jangan lupa kedip ya gan)
3. Mode Vivid merupakan mode enhancement warna kontras sehingga warna yang diberikan dilayar lebih hidup daripada keadaan normal, sangat pas saat digunakan untuk menonton film, editing video, editing foto
4. Mode Manual merupakan mode yang memberikan akses penuh secara bebas kepada pengguna dalam mengatur kontras, kecerahan dan lain lain. 
 .

Satu lagi inovasi dari ASUS dalam menciptakan kenyamanan bagi penggunanya adalah fitur ASUS Eye-Care. Asus Eye-Care memungkinkan mata anda menjadi lebih aman, sehat, nyaman dan tidak mudah lelah saat menggunakan ZenBook anda berjam-jam. Penyebab dari mudah lelahnya mata saat menggunakan laptop berjam-jam adalah terlalu banyaknya pancaran sinar biru dari LCD, sehingga dapat menggaggu kesehatan mata anda dan mata mudah lelah. ASUS Eye-Care mengurangi emisi sinar biru hingga 30% sehingga mata Anda selalu terlindungi saat ASUS Eye-Care diaktifkan.




Seorang Content Creator tentunya membutuhkan tempat penyimpanan yang besar dan loading sistem yang cepat. Penyimpanan dengan kecepatan tinggi sangatlah penting untuk mendapatkan pengalaman komputasi yang tak terbatas dan tanpa hambatan untuk para konten kreator. ASUS ZenBook UX410UQ telah ditanamkan dua buah teknologi penyimpanan, yaitu M2 Solid State Drive (SSD) sebesar 128GB dan Harddisk (HDD) 1TB, sebuah kombinasi teknologi penyimpanan yang sangat cepat dan lega. Hal ini membuat ZenBook UX410UQ menjadi sangat responsif dalam menyimpan atau memuat file dan dokumen dengan skala yang besar lebih cepat dibandingkan dengan HDD biasa, serta waktu booting pun akan terasa sangat cepat karena dibekalinya M2 SSD yang berada pada ZenBook UX410UQ ini. Kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD adalah durable dan ketahanan serta lebih awet dan tahan banting, membuat ZenBook UX410UQ menjadi lebih kokoh dari laptop biasanya. 

M2 SSD vs HDD
[ Sumber: Laptopmag.com ] 


Banyak sekali ultrabook yang mengorbankan port konektivitas demi mempertahankan ketipisan dari ultrabook itu sendiri. Akan tetapi, hal ini tidak berpengaruh kepada ASUS ZenBook UX410UQ yang mempunyai bentuk tipis dan ramping tanpa mengorbankan port konektivitas, justru lebih komplit dan banyak. Hal ini sangat cocok untuk anda yang membutuhkan Ultrabook dengan body yang tipis tanpa ingin menghilangkan kelengkapan port konektivitas.

ASUS ZenBook UX410UQ dilengkapi dengan port USB Type-C yang reversibel, di desain agar meminimalisir kesalahan dalam penyambungan perangkat, sehingga lebih mudah dalam menghubungkannya. USB Type-C mempunyai keunggulan transfer data yang cepat hingga 10 kali lebih cepat dari USB 2.0. Selain itu, port konektivitas yang disediakan pada ASUS ZenBook UX410UQ juga memiliki port USB 3.0, port HDMI untuk display FHD dan juga slot SD Card. Sehingga hal ini akan mendukung para konten kreator dalam menyambungkan semua perangkat pendukung konten (Kamera, smartphone, hardisk eksternal, ekstensi monitor untuk dual monitor) tanpa terkendala menggunakan extension port.

.
  [ Sumber : Robert Nawrowski Youtube.com ] [ Klik untuk memperbesar ]

ASUS ZenBook UX410UQ menggunakan teknologi terbaru pada sisi WiFi, yaitu dengan WiFi 802.11ac. Wifi dengan tipe 802.11ac mempunyai peningkatan pada segi kecepatan sebesar 2.8 kali lebih cepat dari pendahulunya 802.11 b/g/n. Hal ini sangat menjadi poin lebih untuk para konten kreator seperti Youtuber dalam peningkatan kecepatan saat uploading konten ke channel Youtubenya. 
Bukan hanya segi WiFi, ASUS ZenBook UX410UQ memberikan pengingkatan dan upgrade pada modul Bluetooth® 4.1 yang dapat terhubung dengan semua perangkat favorit anda tanpa mempengaruhi kinerja baterai. 
  
WiFi Comparison
[ Sumber: BearExtender ]


Lengkap sudah ASUS ZenBook UX410UQ ini memanjakan mata penggunanya dengan berbagai fitur yang sangat berguna dan berkualitas, selanjutnya kita akan membahas tentang kenyamanan keyboard yang ada pada ZenBook ini. Karena sejatinya, seorang Creator tentunya membutuhkan kenyamanan dalam membuat karya yang akan dibuatnya sehingga nantinya Creator akan mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa ada kendala dalam berkaryanya.  
 .

ZenBook UX410UQ memiliki desain keyboard yang dirancang secara ergonomis dengan jarak 1.6 mm yang telah dioptimalkan sehingga memberikan feedback yang empuk dan lebih baik. Desain Solid Scissor Cut membuat tombol lebih presisi saat ditekan dan meminimalisir kesalahan pengguna dalam mengetik atau typo. Keyboard pada ZenBook ini memiliki fitur Backlit Keyboard yang dapat menerangi keyboard anda saat mengetik pada keadaan kondisi cahaya yang kurang. Hal ini sekaligus memberikan kesan elegan dari ASUS ZenBook UX410UQ.
.
 [ Sumber : Robert Nawrowski Youtube.com ] [ Klik untuk memperbesar ]

Touchpad ASUS ZenBook UX410UQ dilapisi dengan kaca yang presisi, menggunakan tenologi yang dikembangkan ekslusif untuk touchscreen pada smartphone, memberikan sensitifitas tinggi dan akurasi pada ZenBook UX410UQ ini. Touchpadnya juga telah diengkapi dengan sensor sidik jari untuk login yang cepat, mudah dan aman. Buhkan hanya itu, ASUS juga memberikan kesan elegan terhadap touchpad ASUS ZenBook UX410UQ ini dengan lapisan logam yang berada di tepi touchpad.



Suara yang luar biasa menjadi keunggulan dari Asus ZenBook. Teknologi ini dikembangkan oleh ASUS Golden Ear Team bersama Harman Kardon sehingga memastikan suara berkualitas tinggi pada ZenBook UX410UQ ini. ASUS SonicMaster merupakan kombinasi dari Hardware yang superior dan Smart Software. Sehingga dipastikan Asus ZenBook UX410UQ dapat memberikan nuansa suara yang kencang, real dan mutakhir untuk Anda. Suara musik yang lantang dan Bass yang mendalam bisa Anda nikmati baik saat menggunakan Speaker atau Headphone. Audio ASUS SonicMaster ini telah mendukung Cortana.


Kesimpulannya,
Dengan komposisi hardware yang tertanam pada ASUS ZenBook UX410UQ, sudah tidak zamannya lagi takut untuk mengedit video hingga 4K sekalipun. Berkat performa CPU Intel Core 7th Generation "Kaby Lake" dan optimasi serta adanya FFME pada IGP Intel "Kaby Lake", ASUS ZenBook UX410UQ sukses menjadi pengolah konten yang sangat baik hingga level 4K dengan prosesor hemat daya Intel Core i7 7500U. Kemampuan dalam rendering konten video 4K dangan sangat baik dalam varian prosesor hemat daya Core i 7th Generation "Kaby Lake", membuat laptop Zenbook UX410UQ menjadi laptop paling nyaman dan sesuai untuk para video konten kreator. Dirancang dengan penampilan yang Ultrasleek dan elegan serta dimensi yang tipis, kecil dan berbobot ringan yang mudah dibawa kemana saja. Menulis script/artikel, menonton dan mengedit video dengan spesifikasi kelas berat pun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus menggunakan sebuah PC dengan spesifikasi tinggi. Dan semua ini hanya dapat dimanfaatkan dengan Sistem Operasi Microsoft Windows 10, sehingga semua hardware yang ada didalam ASUS UX410UQ dan Content Creator's software dapat berjalan dengan baik, didukung dengan semua utilitas pendukung dari ASUS. Hal yang akan hilang ketika anda menggunakan ZenBook ini adalah Lagging yang terjadi saat multitasking, laptop ini akan mendukung merealisasikan idemu dengan cepat kedalam kontenmu. Sekali lagi, ASUS ZenBook UX410UQ sudah siap untuk 4K, dan Saatnya kontenmu naik kelas dengan ASUS ZenBook UX410UQ!


Sepertinya sudah cukup, untuk benchmarking versi Azis-Blog, tunggu saat saya telah mempunyainya ya, nanti langsung saya review lebih detail (kode). jika ada yang kurang dalam saya menulis, silakan email ke saya :) Atas segala kekurangan yang ada pada tulisan ini, saya mohon maaf sebesarnya. Bye ! Semoga selalu dalam keberuntungan brader and sista. Terimakasih sudah membaca :D

Jika Brader dan Sister membutuhkan laptop gaming kelas premium, kalian harus melirik ASUS ROG. Kenapa harus ASUS ROG?

Spesifikasi Lengkap ASUS X410UQ - sc: ASUS.co.id
KOMPONEN DETAILS
Prosesor Intel® Core™ i7 7500U Processor
Sistem Operasi Windows 10 Home
Chipset Integrated Intel® CPU
Memori 8 GB DDR4 2133MHz SDRAM Onboard Memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion
Display 14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 72% NTSC with 178˚ wide-viewing angle display
Grafis
NVIDIA GeForce 940MX , with 2GB GDDR3 VRAM
Storage Hard Drives:
1TB 5400RPM SATA HDD
Solid State Drives:
128GB SATA3 M.2 SSD
Keyboard
Chiclet keyboard
Optional Illuminated Chiclet Keyboard is available
Card Reader
Multi-format card reader (SD/SDHC)
WebCam HD Web Camera
Networking Wi-Fi
Integrated 802.11 AC
Port Interface 1 x COMBO audio jack
1 x USB 3.1 Type C port(s)
1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
Audio Support Windows 10 Cortana
ASUS SonicMaster Technology
Baterai 3 Cells 48 Whrs Battery
Adaptor Daya Plug Type :ø4 (mm)
Output :
19 V DC, A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi 323 x 223 x 18.95 cm (WxDxH)
Berat 1.4 kg with Battery
Sekuritas BIOS Booting User Password Protection
Security lock
Garansi
Harga
2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara 
Rp. 15.599.000

Intel Core i 7th Generation - SlashGear
INTEL CORE i 7th GENERATION "KABY LAKE" OVERVIEW

You Might Also Like

0 coments

Abdurrachman Azis. Powered by Blogger.
Naruto Uzumaki Pointing Finger

Business Profile

Blog Archive