Kenapa Pilih ASUS ZenBook? - ASUS ZenBook 3 UX390 High Performance with Premium Design

9:05 AM





azisblog – Saat ini konten video 4K/Ultra HD mulai sering kita temukan. Bahkan konten video 4K/Ultra HD juga dapat dengan mudah ditemukan di portal streaming video seperti YouTube. Selain itu, merekam video di resolusi 4K/Ultra HD pun dapat dilakukan cukup dengan menggunakan sebuah smartphone sekalipun. Berbeda sekali dengan beberapa tahun lalu dimana dibutuhkan kamera video khusus dengan harga yang sangat tinggi hanya untuk merekam video 4K/Ultra HD. Seiring dengan perkembangan konten tersebut, ASUS menghadirkan sebuah laptop dijajaran flagship Asus ZenBook yang dapat memfasilitasi konten kreator, khususnya pada video konten kreator yang ingin membuat kontennya naik kelas dari FHD (1920x1080) menjadi 4K/Ultra HD (3830x2160). 


- 4K/UHD era
Menangani video beresolusi 4K bukan pekerjaan mudah bagi sebuah komputer dan laptop. Mari kita lihat grafik utilitas kinerja dari laptop saya dengan prosesor Intel Core i5 4200U 1.6GHz dengan hanya memutar video 4K.




Yap, dengan grafik tersebut kita dapat membuat laptop kita bekerja keras. Seluruh core prosesor berjalan pada kecepatan maksimal. Dan tiba tiba laptop saya anget. Anda bisa bayangkan jika kita akan mengedit video beresolusi 4K, hanya untuk memutar saja sudah sukses membuat laptop saya meneteskan keringat. Tadinya saya akan memberikan grafik ketika menggunkan konversi video dengan software Handbrake, tapi apa daya, gakuat laptop saya.
 

Komputer atau laptop yang dapat membuat proses editing video kualitas 4K haruslah mempunyai spesifikasi yang tinggi, terlebih saat ini para konten kreator membutuhkan mobilitas dalam membuat kontennya. Ya, memang untuk mengedit video dan membuat konten beresolusi 4K membutuhkan spesifikasi tingkat tinggi, akan tetapi, terdapat alternatif lain dalam mendukung konten kreator agar dapat menangani konten video 4K/UHD. Yaitu dengan memanfaatkan Integrated Graphic Processor (IGP) dari prosesor terbarunya Intel Core i 7th Generation “Kaby Lake”. 

Dimana kita dapat mendapatkan laptop dengan prosesor tersebut? ASUS telah menghadirkan ASUS ZenBook 3 UX390 yang telah ditenagai oleh Intel Core i 7th Generation “Kaby Lake”. Mengapa harus ASUS ZenBook? Mari kita ulas pada artikel ini 


ASUS Zenbook 3 UX390 telah dibekali  Intel® Core™ i7-7500U. Intel® Core™ i7-7500U merupakan prosesor Dual-Core berteknologi fabrikasi 14nm [Intel.com] Arsitektur pada prosessor ini adalah arsitektur generasi ke-7 milik Intel dengan name code "Kaby Lake". Intel® Core™ i7-7500U merupakan optimasi dari generasi sebelumnya (Skylake). Prosesor ini memiliki kecepatan Clock sebesar 2.7 GHz di setiap core-nya. 

[Perbandingan KabyLake vs SkyLake]


[ Sumber : www.cpubenchmark.com dan www.cpu-world.com ]
 

Intel® Core™ i7-7500U telah dibekali teknologi Turbo Boost 2.0 yang dapat membuat kecepatan clock dapat di tingkatkan hingga 3.1 GHz, bukan hanya itu, dengan Intel® Core™ i7-7500U setiap core dapat bekerja dua kali lebih banyak dibandingkan prosesor Dual-Core standar berkat adanya teknologi Hyper-Threading sehingga membuat kita dapat bekerja secara multitask yang lebih cepat. Hal ini cocok sekali untuk para Content Creator dalam berkreasi dengan rendering yang membutuhkan kecepatan clock yang cepat seperti Adobe After Effect, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro dan lain lain.


Mungkin anda hanya berpikiran bahwa konten 4K itu hanya dapat bisa di komputer dengan spesifikasi tiniggi. Hal ini tidak bagi ASUS ZenBook 3 UX390 yang dapat menangani konten 4K dengan baik dan lancar. Ya, Intel telah memberikan optimasi mantap dari IGP Intel Core i7th Generation “Kaby Lake”, dan inilah part dari inovasi Intel yang saya suka. Intel menanamkan hardware khusus pada IGP “Kaby Lake” yaitu Fixed Function Media Engine (FFME). Hardware unit ini berperan dalam proses encoding dan decoding video dari CPU, sehingga CPU tidak perlu bekerja keras dan dapat ditekan seminimal mungkin saat menangani konten video. Tentunya, kondisi ini dapat membuat penggunaan listrik serta temperatur prosesor lebih rendah. This is what Video Content Creators need.



Dengan intel generasi terbaru ini yaitu Intel Core i 7th generation “Kaby Lake”, maka kamu dapat melakukan upgrade storage hingga 1 Tb PCIe® Gen 3 SSD dan membuat USB-C yang ada pada ASUS ZenBook 3 UX390 ini dapat berfungsi sebagai display jika ingin memberikan eksensi ke layar monitor kamu. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan ASUS ZenBook 3 UX390 ini, it’s practically Unstoppable !


ASUS Zenbook 3 UX390 telah menggunakan the latest generation of Intel 7th Generation dengan IGP yang dapat menaungi semua render video hingga 4K sekalipun. Salah satu faktor Multimedia IGP 7th Generation by Intel Kaby Lake dapat dimanfaatkan dan bekerja dengan sepenuhnya adalah Sistem Operasinya, yaitu Microsoft Windows 10. Microsoft Windows 10 sangat berperan penting dalam memanfaatkan fitur-fitur istimewa dari Intel 7th Generation, dan untungnya ASUS Zenbook 3 UX390 telah dilengkapi Sistem Operasi Windows 10. 



Windows OS merupakan OS yang sangat compatible dan flexible dalam semua program yang dibutuhkan oleh Content Creator. Apalagi Windows 10 saat ini telah menciptakan versi khusus untuk para Creator, yaitu Windows 10 Creators Update. Windows 10 Creator Update ini mempunyai optimasi dalam kinerja, security, improving UI Windows 10, fitur-fitur baru dan aplikasi penunjang khusus untuk Creator. Nah untuk Anda para Content Creator, setelah anda membeli ASUS Zenbook 3 UX390, jangan lupa untuk upgrade ke Windows 10 Creator Update sehingga dapat memaksimalkan anda dalam mengolah konten tanpa batas.


ASUS ZenBook dirancang untuk seseorang yang sangat aktif dalam hal berkreasi dengan desain yang sangat futuristik dan elegan. ASUS Zenbook 3 UX390 mempunyai tebal fisik yang sangat tipis hanya 11.9 mm. Bahan yang digunakan dalam Zenbook ini adalah Solid Aluminum Alloy dengan grade Aeorspace Grade Alumunium Alloy yang artinya ASUS Zenbook 3 UX390 menggunakan bahan alumunium dengan standar pembuatan alumunium untuk pesawat terbang, sehingga membuat Zenbook ini menjadi lebih ringan yaitu dengan 910 gram atau 0.9 Kg saja. Dengan begitu, ASUS ZenBook 3 UX390 ini terlihat elegan, premium dan kokoh.



Dibalik indahnya ASUS Zenbook 3 UX390 ini, ASUS Zenbook 3 UX390 dibuat dengan proses yang sangat detail, kalau bahasa inggrisnya precisely-controlled manufacturing steps sehingga membuat ASUS Zenbook 3 UX390 menjadi Ultrabook dengan desain yang sangat sempurna dalam setiap inch nya. ASUS Zenbook 3 UX390 diproduksi melalui proses desain pahatan diamond cut. Struktur lapisan alumuniumnya juga diperkuat dengan proses anodizing atau anodisasi, sehingga memperkuat lapisan protektif alami pada logam dan meningkatkan ketahanan terhadap korosi/karatan.

Hal ini tidak terlepas dari desain khas ASUS ZenBook, yaitu finishing spun-metal yang unik dengan motif lingkaran terinspirasi dari Zen, memberikan kesan tangguh dengan durabilitas yang tinggi. Padanan warna antara biru gelap serta gold di bagian lis tepiannya membuat ultrabook besutan ASUS ini menjadi lebih premium dan elegan. Panel LID cover masih menggunakan desain khas ZenBook yakni Concentric Circle Design ditambah dengan logo ASUS dibagian tengah berwarna emas. ASUS Zenbook 3 UX390 tersedia dengan tiga warna; Quartz Grey, Royal Blue dan Rose Gold. 


Keindahan pada ZenBook 3 ini benar benar banyak aspeknya dan benar-benar didesain sangat detail! Hingga ASUS.com membuat halaman web khusus membahas keindahan dari ASUS ZenBook 3 ini. Silakan jika sangat ingin tahu keindahan dari ASUS ZenBook 3 UX390 ini (https://www.asus.com/Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA/Beauty/)


ASUS ZenBook 3 UX390 dibekali layar 12.5 inch dengan resolusi layar 1920x1080 pixels. Layar pada ZenBook UX390 menggunakan panel beresolusi Full HD yang dilapisi dengan teknologi anti gores Corning Gorilla Glass 4.  Layar ASUS ZenBook 3 UX390 memiiki panel NTSC atau besaran color gamut 72 %. Dimensi luasnya mencapai 178 derajat, dan screen to body ratio hingga 82 %.
 

Pada frame-nya ZenBook 3 memiliki ketebalan bezel hanya 7.6 mm. Layar tersebut mampu menampilkan kecerahan gambar sangat tinggi hingga 300 nits. Apa itu nits? satuan nits ini sama dengan candela. Seberapa terang 300 nits itu? 1 nits atau candela kira-kira sama dengan terang 1 lilin dalam area satu meter persegi [detik inet]. Jadi kira-kira terang 300 nits adalah terang 300 lilin yang diletakkan di area 1m x 1m, sangat terang. Sementara nilai kekontrasannya pun sangat tinggi hingga 1000:1.
Untuk membuat kenyamanan dan mengoptimalisasi tampilan visual, Asus mengembangkan beberapa software khusus, yaitu Asus Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid.



Splendid Technology mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Di dalam Spendid Technology terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.
Normal Mode adalah, mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.


Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari kerusakan pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama dengan mempertimbangkan faktor kesehatan mata.

Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.

Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Sedangkan TruVivid adalah sebuah teknologi untuk menyempurnakan kejernihan,kecerahan dan tingkat responsifitas pada layar. Teknologi ini mentransformasi desain yang umumnya diberikan pada layar perangkat pintar.



Desain konvensional pada sebuah gadget umumnya tersusun atas empat lapisan antara lain, pelindung kaca, panel sentuh, celah udara dan modul LCD. Nah, pada TruVivid, ada bagian yang dieliminasi dan digabungkan sehingga hanya menyisakan dua lapisan yakni pelindung kaca dan panel sentuh dan LCD. Dengan begitu tampilan terlihat lebih jelasdan dapat mereduksi reflection rate (tingkat pantulan bayangan) di layar mencapai 67%.
 


Terakhir adalah teknologi Tru2Life Video yang diklaim akan selalu mampun menyajikan tampilan gambar bergerak yang mengagumkan pada perangkat ini. Tru2Life dikembangkan menggunakan teknologi pengolah gambar terbaru yang dapat ditemukan pada perangkat televise high-end modern. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang realistis terhadap sebuah video. Caranya  dengan meningkatkan kontras hingga 200 % untuk memberikan ketajaman warna yang akurat dan detail.



Performa ASUS ZenBook UX390 telah ditenagai dengan prosesor generasi ke-7 buatan Intel ‘KabyLake’. Notebook ini menggunakan prosesor hemat daya yakni Intel i7-7500U, huruf U dibelakang bermaksud menjelaskan bahwa tipe prosesornya adalah Ultra Low Voltage yang sering digunakan untuk prosesor Ultrabook saat ini. Untuk performa dan keindahan dari tangguhnya prosesor ini, telah kita bahas di awal tadi. 



RAM yang ada di ASUS Zenbook 3 UX390 ini sebesar 16GB dengan clock 2133MHz LPDDR3! RAM yang tertanam pada ASUS Zenbook 3 UX390 merupakan Soldered RAM, alias ga bisa di upgrade/ditambah kapasitas RAMnya, karena RAMnya nempel sama board. Tapi dengan RAM 16GB sudah lebih dari cukup untuk mobilitas tingkat tinggi dengan performa high-end yang dapat membantu kamu dalam membuat konten. Dengan RAM 16GB, kamu dapat dengan bebas melakukan tugas lebih dari satu, atau sering disebut dengan Multitasking. Sehingga dengan ASUS Zenbook 3 UX390 ini, kamu akan menjadi lebih produktif dan efisien disetiap pekerjaanmu.



Adapun jenis storage yang diberikan oleh ASUS Zenbook 3 UX390 adalah dengan single NVMe SSD. Apa itu NVMe SSD? NVMe sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mengatasi limitasi dari teknologi yang sudah ada selama ini dalam hal menangani kecepatan sangat tinggi dari sebuah SSD. NVMe sendiri memanfaatkan jalue PCIe (slot PCIe, M.2, atau U.2) untuk menghubungkan SSD ke sistem. Dukungan kecepatan tinggi dari PCIe tentu saja akan membuat SSD NVMe memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dari SSD SATA [JagatReview.com]. NVMe dapat menangani proses komputasi hingga 65.000 perintah dengan 65.000 queu (antrian) dalam satu waktu [userbenchmark.com]. SSD yang tertanam pada ASUS Zenbook 3 UX390 sebesar 512GB. Dengan NVMe SSD, tentunya untuk proses baca/tulis file dan program akan sangat lebih cepat, NVMe memberikan kecepatan 3 kali lebih cepat daripada SSD dan 20 kali lebih cepat dari harddisk, sehingga membuat proses seperti rendering video menjadi lebih cepat  daripada harddisk. Hal ini menjadi keypoint terhadap ASUS Zenbook 3 UX390 yang dapat membuat produktifitasmu makin efektif tanpa hambatan.



Untuk baterai, ASUS ZenBook 3 UX390 telah mendesain ulang arsitektur dari sistem dan teknologi baterai pada ASUS ZenBook 3 ini. Baterai yang telah didesain pada ASUS ZenBook 3 ini mempunyai lifespan 3x lebih baik yang dapat bertahan hingga 9 jam dan tanpa ragu terjadi deteriorating performa baterai. 


Sistem pendingin pada ASUS ZenBook 3 UX390 ini menggunakan teknologi terbaru yaitu dengan liquid-crystal-pilumer fan impeller yang hanya mempunyai ketebalah 0.3mm dan copper-alloy heat pipe dengan dinding ketebalan hanya 0.1mm. Dengan teknologi cooling system yang baru ini maka akan dengan mudah mengeluarkan udara panas yang ada didalam hardware Asus ZenBook 3 melalui ventilasi yang tersembunyi hingga saya tidak tahu dimana letaknya ventilasi ini haha, teknologi ini dapat mereduksi suara bising yang berlebihan walaupun sedang full-load.




Pada Zenbook 3 UX390 hanya ada satu port konektivitas yakni USB 3.1 Type C. Di mana USB tipe ini bisa mencapai kecepatan transfer hingga 10Mbps. Namun jangan khawatir, tetap disediakan sebuah dongle khusus untuk yang terdiri dari HDMI, USB 3.0 Type A dan juga port USB Type C. Port konektor tersebut dapat dipergunakan untuk mentransfer data, mengisi daya, serta display port.

ASUS ZenBook 3 UX390 menggunakan teknologi terbaru pada sisi WiFi, yaitu dengan WiFi 802.11ac. Wifi dengan tipe 802.11ac mempunyai peningkatan pada segi kecepatan sebesar 2.8 kali lebih cepat dari pendahulunya 802.11 b/g/n yang dapat tembus hingga 867 Mbps. Hal ini sangat menjadi poin lebih untuk para konten kreator seperti Youtuber dalam peningkatan kecepatan saat uploading konten ke channel Youtubenya. 





ASUS memberikan keyboard chicklet kepada ASUS ZenBook 3 UX390 ini, dengan tingkat kedalaman tekanan atau travel distance 0,8 mm. Travel distance akan membuat nyaman dalam melakukan aktifitas ketik mengetik. Sehingga buat para blogger atau para pembuat artikel, siap siap deh lupa segalanya kalau nulis pake ASUS ZenBook 3 UX390 ini.


ASUS ZenBook 3 UX390 mempunyai fitur fingerprint sensor yang dihadirkan untuk menambah keamanan dan kenyamanan dalam ultrabook ini. Touchpad ini telah mendukung fitur smart gesture yang dinamakan dengan Precision Touch Pad (PTP), yang membuat pengoperasian touchpad lebih nyaman, hal ini dapat memberikan kenyamanan dalam melakukan stalking instagram atau facebook mantan kamu haha. 
Smart Gesture ini memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan aktifitas clicking dan drag and drop. Seperti misalnya ketika ingin melakukan klik kiri hanya tinggal menyentuhkan satu jadi pada touchpad. Sementara untuk men-drag gunakan satu jari kemudah geser ke arah yang Anda inginkan untuk melakukan drag. Ada juga mode untuk melakukan zoom in/out hanya dengan mencubit touchpad menggunakan ibu jari dan telunjuk. Desain  Touchpad pun dibuat lebih lega agar pengguna lebih leluasa ketika harus mengoprasikan perangkat ini tanpa menggunakan mouse. Bagaimana? Laptop ini benar-benar mengedepankan kenyamanan mobilitas kita dalam melakukan aktifitas tingkat tinggi 





Asus Golden Ear Team bekerjasama dengan pabrikan audio asal Amerika Harman/Kardon untuk memberikan dan meningkatkan kualitas audio di speaker notebook premium-nya ini. Asus menanamkan empat buah speaker pada UX390-nya, antara lain dua buah diatas sisanya dibawah berdekatan dengan palmrest. Asus membuat 4 speaker kualitas tinggi dengan fungsi masing-masing yang ditenagai 4 smart-amplifier yang bisa menghasilkan suara surround.




Setiap speaker punya tugas masing-masing. Yang atas berfungsi sebagai bass dan frekuensi tingkat sedang. Dan 2 lainnya yag berada dibawah untuk frekuensi tingkat sedang hingga tingkat tinggi. Speaker yang berada dibawah ini mempunyai 5-magnet yang dapat membuat speaker lebih keras dan respon bass yang sangat baik dengan distorsi yang rendah. Sistem yang baik bukan?




Tak hanya itu, kualitas keluaran suara pun dapat diatur lebih lanjut sesuai keinginan pengguna dengan aplikasi AudioWizard. Melalui fitur ini, pengguna dapat men-setting suara ke dalam lima buah mode, yakni music mode, movie mode, recording mode, gaming mode, speech mode, atau juga mematikannya. Pantas saja Eka Gustiwana menggunakan ASUS ZenBook 3 sebagai laptop untuk mendukung konten-kontennya dalam hal audio/musik.
 

 

Dengan komposisi hardware yang tertanam pada ASUS ZenBook 3 UX390, sudah tidak zamannya lagi takut untuk mengedit video hingga 4K sekalipun. Berkat kombinasi performa CPU Intel Core 7th Generation "Kaby Lake", RAM 16GB 2133MHz dan Storage NVMe SSD 512GB  serta adanya FFME pada IGP Intel "Kaby Lake", ASUS ZenBook 3 UX390 sukses menjadi pengolah konten yang sangat baik hingga level 4K dengan prosesor hemat daya Intel Core i7 7500U. Kemampuan dalam rendering konten video 4K dangan sangat baik dalam varian prosesor hemat daya Core i 7th Generation "Kaby Lake", membuat laptop Zenbook 3 UX390 menjadi laptop paling nyaman dengan mobilitas tinggi tanpa ragu dengan performa komputasinya. Dirancang dengan penampilan yang sangat premium dalam setiap lekukannya dan elegan serta dimensi yang  sangat tipis hanya 1.19cm, praktis dengan 12.5" Display FHD dan berbobot ringan kurang dari 1 Kg yaitu 0.9 Kg sehingga mudah dibawa kemana saja. Menulis script/artikel, menonton dan mengedit video dengan spesifikasi kelas berat pun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus menggunakan sebuah PC dengan spesifikasi tinggi. Dan semua sistem hardware mantap ini hanya dapat dimanfaatkan dengan Sistem Operasi Microsoft Windows 10, sehingga semua hardware yang ada didalam ASUS ZenBook 3 UX390 dan Content Creator's software dapat berjalan dengan baik, didukung dengan semua utilitas pendukung dari ASUS. Hal yang akan hilang ketika anda menggunakan ZenBook ini adalah Lagging yang terjadi saat multitasking karena semua sistem memory benar-benar flash oriented, RAM soldered dan NVMe SSD, laptop ini akan mendukung merealisasikan idemu dengan cepat kedalam kontenmu. Sekali lagi, ASUS ZenBook 3 UX390 sudah siap untuk 4K. Siap membuat konten dengan level tingkat tinggi dengan nuansa premium? 

KENAPA HARUS ASUS ZENBOOK? INI DIA JAWABANNYA GAN !


SPESIFIKASI ASUS ZenBook 3 UX390
KOMPONEN DETAILS
Prosesor Intel® Core™ i7 7500U Processor
Sistem Operasi Windows 10 Pro
Chipset Integrated Intel® CPU
Memori 16 GB LPDDR3 2133MHz SDRAM Onboard Memory
Display 12.5" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) 60Hz Glare Panel with 72% NTSC
Grafis
Integrated Intel HD Graphics 620
Storage 512GB PCIE Gen3 SSD
Keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard
Card Reader
Multi-format card reader (SD/SDHC)
WebCam VGA Web Camera
Networking Wi-Fi
Integrated 802.11 AC
Port Interface 1 x COMBO audio jack
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1) support display & support power delivery
Audio Support Windows 10 Cortana
ASUS SonicMaster Premium Technology
Baterai 6 Cells 40 Whrs Polymer Battery
Adaptor Daya Plug Type :USB TYPE C
Output :
20 V DC, 2.25 A, 45 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi 296 x 191.2 x 11.9 mm (WxDxH) (w/ 6cell battery)
Berat 910 g with Battery
Sekuritas Finger Print Reader
Garansi 2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara

You Might Also Like

0 coments

Abdurrachman Azis. Powered by Blogger.
Naruto Uzumaki Pointing Finger

Business Profile

Blog Archive