Buat Personal Brandingmu dengan LinkedIn

9:36 PM




Mungkin masih banyak yang masih awam dengan apa itu LinkedIn dan apa manfaatnya? Dulu azis pernah publish terkait apa itu LinkedIn, cuman kala itu azis emang lagi dasarnya masih newbie gitu, bikin artikel cuman sebaris tiga baris hahaha. Tapi ya anda tahu lah ya, setiap orang itu perlu proses untuk menjadi lebih baik, Start Stop Continue, Lakukan sesuatu yang positif, jika terdapat kejanggalan atau ada trouble dalam berproses, langsung koreksi dan jangan ulangin lagi, setelah itu lanjutkan prosesmu. Gitu sih, in my opinion ya bradersis haha. Cukup untuk prolognya, Lanjut!

-/-
LinkedIn adalah sebuah Social Networking yang diperuntukkan untuk profesional dan bisnis. LinkedIn ini memang masih kurang populer seperti Personal Networking seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Tapi sebenarnya, LinkedIn mempunyai manfaat yang sangat baik buat Personal Branding kamu. 

Berikut manfaat-manfaat LinkedIn menurut Azis:

1. SHOW UP YOUR SKILL
Dengan LinkedIn, kamu bisa menampilkan semua keahlian/skill mu di profil page. Kamu bisa show up semua keahlianmu untuk menunjukkan siapa kamu. Akan tetapi, kamu harus bisa membedakan antara personal networking dengan professional networking seperti LinkedIn ini. Kamu harus membuat dan menulis deskripsimu layaknya seorang yang profesional karenan nantinya kamu akan terhubung dengan para profesional pula. Dengan LinkedIn, kamu bisa memiliki channel untuk terhubung dengan kalangan profesional dan eksekutif perusahaan. Banyak sekali eksekutif perusahaan yang menggunakan LinkedIn sebagai sarana untuk merekrut pagawainya, jadi, jika dirimu ingin dilirik oleh sebuah perusahaan, gunakanlah bahasa yang baku dan menarik, siapa tahu perusahaan tersebut langsung jatuh cinta pada pandangan pertama profile pagemu?

2. Terkoneksi Dengan Profesional
LinkedIn adalah sebuah sarana untuk menghubungkan kamu dengan para eksekutif diluar sana. Melalui sebuah group di LinkedIn, kamu bisa berdiskusi dengan para profesional sesuai dengan topik yang kita minati. Bisa saja opinimu dalam berdiskusi dapat menjadi pertimbangan para eksekutif untuk di eksekusi, lalu tiba-tiba dirimu langsung mendapatkan personal message untuk ikut andil dalam menjalankan roda perusahaannya? Who knows right? 

3. Skill Endorsment
Jadi di LinkedIn itu ada Skill Endorsment, sebuah fitur dimana skill kamu itu dapat diakui dengan beberapa orang yang telah bekerja dengan kamu. Semisal dirimu pernah magang disuatu perusahaan, dan kinerjamu baik, seketika Head Divisionmu mengapresiasi skill mu dengan memberikan Skill Endorsment dari Head Divisionmu, jangan salah, hal sekecil itu benar-benar dapat membuat profil page mu menjadi lebih diakui, profesional dan menambah nilai pada dirimu sendiri. Menyenangkan bukan? Akan tetapi buat kamu mahasiswa yang belum pernah magang dan lain lain, kamu bisa saja minta endorsment dari dosenmu sendiri, itu juga sebuah value loh. Saatnya show up skill mu!

4. Update Informasi Pekerjaan
Di LinkedIn ada fitur yang namanya Jobs. Nah disitu dirimu dapat melihat perusahaan yang sedang mencari sumber daya baru, Dengan LinkedIn profilemu, kamu dapat apply pekerjaan melalui LinkedIn Jobs. Tentu saja pada fitur Jobs di LinkedIn akan selalu update dan kamu tidak akan ketinggalan pada setiap kesempatan berharga dalam karirmu. Kamu bisa juga subscribe pada perusahaan impianmu untuk selalu mendapatkan notifikasi jika perusahaan impianmu membuka lowongan pekerjaan. Stay Update!

5. Kamu di Lamar, Bukan Kamu Melamar
Cie dilamar, hahaha. LinkedIn memberi peluang untuk kamu untuk dilamar secara karir, bukan secara cinta-cintaan haha. Yap, di LinkedIn kamu akan dapat berkesempatan untuk direkrut sebuah perusahaan karena melihat skill dan profile page-mu.

6. Informasi Lebih dari Perusahaan Incaranmu
Perusahaan impianmu bisa kamu kepoin melalui LinkedIn, dengan LinkedIn, kamu akan mendapatkan gambaran lebih pada perusahaan impianmu, bukan hanya visi dan misi perusahaan, tapi bisa saja kamu mendapatkan metode rekruitmen dari perusahaan tersebut, penghargaan yang diraih perusahaan serta review perusahaan dari para pengguna LinkedIn lainnya. Semua hal terkait bisnis ada di LinkedIn. Let's Know Mooore!

-/-
designschool.canva.com
 
LinkedIn itu sebenarnya bener bener penting buat kamu para mahasiswa, baik yang baru masuk maupun yang hampir lulus. Karena nantinya dengan LinkedIn, kamu bisa makin percaya diri dengan semua achivements mu, apalagi jika dapet endorsement skill dari pemilik/seseorang dari perusahaan yang terkenal dan kompeten. Nah, azis akan melampirkan tips-tips untuk improve personal brandingmu di LinkedIn

Tips-Tips versi Larry Kim, Founder and CTO WordStream

1. Must Do: Keep Your Profile Basics Updated
Ini adalah tips pertama dari Larry Kim, jadi tetap buat profile di LinkedIn-mu update. Berikut sesuatu yang harus kamu update di LinkedIn:

- Professional Headline.
Kamu harus update headlinemu, karena dengan headline, kamu akan mendapatkan potensi lirikan-lirikan dari para professional. Pada Headline, kamu bisa menuliskan posisimu saat ini dan perusahaan yang sedang kamu tempati (e.g., "Director of Inbound Marketing at XYZ Corporation", tapi kalau kamu belum bekerja, kamu bisa menuliskan dengan skill keahlianmu (e.g., Radio Frequency Planner, Author, Consultant, Back-End Programmer"). Hal ini akan menjadi pertimbangan awal untuk seseorang menjalin relasi denganmu

- Location, sebisa mungkin lokasi dirimu maupun perusahaanmu tetap akurat.

Dengan 2 tips tersebut, maka akan memudahkan seseorang dalam mendapatkan seseorang ynang potensial.

2. Gunakan Foto yang Profesional
Baik teman-teman, sekali lagi LinkedIn adalah Professional Networking. Jadi, pasanglah foto yang profesional dan foto paling update. Buat kamu yang doyan menggunakan foto siluet pada sebuah jejaring sosial, maka saatnya tunjukkan dirimu, reveal yourself di LinkedIn.

3. Tulis Resume yang Menarik
Saatnya menulis tentang dirimu dengan profesional dan menarik. Tulis tentang dirimu dengan sebenar-benarnya, fokus pada relevansi karir yang kamu tuju, hindari jargon yang ga berarti, mudah dibaca, tidak perlu kamu menuliskan makanan kesukaan dan minuman kesukaan di Resume LinkedIn-mu. 

4. Cantumkan Skill-mu
Masukkan semua skillmu yang dapat dipertanggungjawabkan, jangan sembarangan, jujur aja gitu hehe. Be Yourself. 

5. Koneksikan Dirimu dengan Seseorang yang Belum Kamu Kenal
Jangan takut untuk membangun relasi, bangun relasimu dengan eksekutif di LinkedIn, hal ini akan memberikanmu benefit yang banyak, kamu akan mendapatkan endorsment ketika kamu membuat hasil dari kontenmu di LinkedIn dan melihatnya di websitemu. Hal ini sangat penting untuk personal branding. Saatnya show up konten-konten terbaikmu di LinkedIn

6. Bergabung dalam Sebuah Group
Salah satu cara untuk memulai relasi adalah mengikuti LinkedIn Groups. Disana terdapat banyak sekali eksekutif dan profesional yang sedang berdiskusi dengan isu-isu maupun membahas perkembangan. Nah ini kesempatanmu dalam bergabung pada sebuah group yang kamu minati, hal ini tentunya akan membuat personal brandingmu naik kelas dengan opini berkualitasmu di group

7. Minta Rekomendasi
Seperti yang Azis bilang tadi, kamu bisa meminta sebuah rekomendasi dari profesional untuk skill mu, kamu bisa memulainya dari personal chat dan meminta pendapat, dan jika benar-benar kontenmu diakui, maka skillmu akan direkomendasi olehnya. Tapi, jangan sembarangan untuk meminta rekomendasi, mintalah dari seorang ahli atau orang yang benar-benar dapat dipercaya sehingga kamu akan mendapatkan branding yang kuat karena endorsment dari profesional. 

Masih banyak tips-tips dari Larry Kim, kamu bisa kepoin di sini

Sekian terkait LinkedIn, saatnya naik kelaskan personal brandingmu dengan LinkedIn.

You Might Also Like

0 coments

Abdurrachman Azis. Powered by Blogger.