iCEL Programme : Long March DAY 1 (1)

By Abdurrachman Azis - 9:21 AM

Whats up guuuys ~
OK guuuys ~

Yellow, lama nggak nulis vroh. Dikarenakan agenda yang (sok) begitu padat sehingga belum dapat update di blog.

Ok, jika vrohsis sudah baca postingan sebelumnya terkait “Eksplorasi Kelab Keusahawanan UMP x ESA UTY di Jogja”, maka untuk kali ini, adalah kebalikannya.

Jadi begini, ESA UTY atau Excellent Student Association UTY mempunyai program benamakan iCEL Program, kepanjangannya adalah International Creativity Entrepreneurship and Leadership Programme.

So what is that? Jadi, iCEL Program ini adalah sebuah program yang dimana bertujuan untuk menggabungkan elemen kreatifitas, kewirausahaan serta jiwa kepemimpinan kedalam mahasiswa sehingga pada nantinya, mahasiswa mempunyai pemikiran yang lebih depan, unggul dan kreatif untuk ikut dalam memajukan bangsa Indonesia.

Ok then ngapain aja kita disana?

Aa, Jom (Ayo dalam Bahasa Melayu) kita bahas !

A JOURNEY OF US

DAY 1

Okebaik, jadi yang pertama kali itu adalah kami loading barang di kontrakan mas solihun aka basecamp ESA UTY haha. Karena 1 kontrakan isinya anggota ESA semua. Ok and then kami berangkat ke Adisucipto Airport by Bus K yes by bus, trans jogja. Haha. Dan barang-barang alias koper dan kawan-kawannya di angkut dengan pickup Ayah ane. Yup pada akhirnya yang sampai Adisucipto duluan adalah, Azis. Dengan menjaga at least 20 koper dan tas di terminal B, sendirian. Uh mantep. Lalu disusul oleh mbak endah, teta, dan mas samsul, and yes, bunda erma pun ikut nemenin kami sebelum checkin. Makasi bun :*. Selang 30 menit-an. Gerombolan dari kontrakan pun tiba, dan kami pun taking deep breath for a while. Setelah jam 2, kami check in. dan officialy kami pamit dengan bunda erma.
Hal yang pertama agak gelisah adalah apakah barang yang akan kita load di bagasi pesawat bisa muat dengan tas 20 orang dan max kapasitas bagasi saat itu adalah 150 Kg kolektif. Dan serambi loading barang, kami langsung check in dan nunggu keberangkatan. Yaitu jam 17.00 WIB.

Oke pesawatnya telah tiba, jom kita masuk ke kabin, but wait, let me take a selfie :D

Ok then, kita masuk kita duduk, lalu kita take off. Nah sebelum masuk ke tahap selanjutnya atau cerita selanjutnya, azis kenalin dulu temen-temen azis. Sebagian dulu yak. Here it is,

Winda : oke yang pertama adalah wanita yang berada di samping seat azis, basiclly dia pendiam, tapi sebenernya ga diem diem binggo.dan dia cabi haha

Mbak Emil : mbak hipster yang satu ini adalah mbak yang paling lama kalau makan, dihayati banget!. Dan selama di pesawat, mbak hipster ini sibuk banget, jadi ribet sendiri kalau pas mau takeoff dan landing, terus makan, habis makan, tidur, nanti bangun pas landing.

Teta : ini adalah tukang duid aka anak akutansi. Jahilnya naudubillah luar biyasa. Selama di kabin selalu ga pernah berhenti curhat sama sebelahnya, pada dasarnya aku kasian sama yang sebelahnya. Sedih liatnya Liatnya

Mbak aci : mbak aci aka mbak asih. Kami adalah anak bantul yang mencoba menjadi hips. Haha. Mbak aci itu tipikal wanita yang lembut, ramah, dan fleksibel. Biasanya sekarang dijuluki tante uyun :3 seneng dengernya

Oke udah kenalan ya bre. Lanjut, jadi di kabin tuh yang namanya teta itu bully aku gitu, jadi kita debat asik terkait profesi jurusan kita haha. Akuntansi vs Teknik Elektro. Daan, Winda, Mbak Emil, Teta dan Mbak Aci itu akuntansi semua, elektro aku doang -_-.

Pada dasarnya, elektro itu ga mesti ngurusin tiang listrik aja kok tet, jadi elektro itu intelijen di bagian perhitungan. Kabel melengkung di sistem transmisi aja dihitung kok apalagi masa depan, nah karena elektro itu untuk urusan duid sering terlupakan, maka didalam sebuah rumah tangga itu atleast enggineers need some development about cash flow keluarga haha (apaansih) pada intinya, itu hal berkesinambungan. Aku hanya meluruskan hahaha.

Setelah landing dengan segala hal yang diperdebatkan di awan. Kami tiba di KLIA alias Kuala Lumpur International Airport jam 9.00pm waktu Malaysia Well, great airport. Kami disana bertemu dengan teman-teman peserta iCEL yang sudah duluan dateng di kuala lumpur ketimbang gelombang kami. Jadi disni, azis kenalken, ada Inez, Boriz, Sheila, Farid, Ifah, Vandy, Lina,

Setelah menunggu di KLIA dengan kehausan dan membeli sebotol pulp**y gegara makan nasi lemak di awan tadi dan minumnya cuma sampai di lidah, kami melanjutkan perjalanan ke Pekan, Pahang, Malaysia dimana disana kami telah disediakan asrama untuk perempuan dan homestay untuk yang laki-laki. Kami menuju pekan dengan bus daripada UMP (Universiti Malaysia Pahang). Yep, kami kembali bertemu anak-anak kelab keusahawanan UMP yang tempo hari yang lalu berlibur dan eksplorasi di Yogyakarta. Terbayar sudah rasa kangennya. Perjalanan dari bus ke Pekan itu greget banget lamanya. Dalam perjalanan ke pekan, 98% pada tidur semua. Kecuali mas solihun, mbak aci dan azis. Dan tiba-tiba bus masuk ke rest area. Dan kita pun menyempatkan makan di foodcourt rest area, dengan mbak aci, mas solihun, dan om saipul.

Naaah, sekarang azis kenalken dulu, om uyun aka om ipul aka om syaiful.

And yeah, itu om uyun, fiftymm man. Yang paling sering foto anak-anak, dan minim foto untuk dirinya. Varokah sekali om uyun ini. Tipikal om yang kocak dan wise.

Njutlanjut. Yes kami makan di foodcourt rest area, ini fotonya

Om uyun makan nasi, sedangkan azis as solihun dan mbak aci makan bakpau. And FYI, yang jual bakpau adalah orang medan. Kami udah berlogat melayu ternyata asli indonesia haha. Yep, kita makan bakpau, azis coba isi ayam, santai, ayamnya dah di masak kok, dan mas solihun dan mbak aci isi kacang. Btw, beda sama di indonesia, ayam malaysia disini ber-aksen kari. Jadi dari tekstur warnanya pun beda, lebih oren, beda sama indonesia. Dan disini es teh adalah minuman the tapi di campur susu, akan tetapi jika mau es teh yang bener bener original teh itu namanya tea O ice.

Setelah kami makan, jam 2 malam kalau ga salah, kami lanjut ke bis untuk lanjut ke perjalanan. Kami pun lanjut ke UMP Pekan, akan tetapi kami transit dulu ke gambang, Cuma berhenti sebentar, drop siapa lupa. Terus lanjut lagi ke pekan dengan jarak sampai perlu waktu 1 jam. And yeah, beneran 1 jam, kami sampai di pekan, di asrama yang cewe jam setengah 6 dan di homestay laki-laki jam 6 pagi. Di malaysia jam 6 itu masih seperti jam 5 nya indonesia. Masih gelap. And ya know? Homestay yang laki itu dibelakangnya adalah pantai ! haha. Lumayan bisa dapet sunrise dan sunset disini.

Yep. Kita ga sempet tidur di homestay. Ga sesuai ekspektasi banget. Di rundown jam 2 dah sampai homestay. Lah ini jam 6 pagi haha. Tapi itu tidak masalah buat kami. Lalu kami diantar by car ke gedung fakultas mechatronics UMP. Kami di briefing di ruangan kelas double degreenya mechatronics UMP.

Acara pertama kali ini adalah opening alias pembukaan di aula mechatronics. Disana ada sambutan dari pembina kelab keusahawanan UMP, Pak Juhansyah selaku pemimbing kami, dari COIA UTY serta kak Sofi, sebagai pengarah Kelab Keusahawanan UMP.
Lalu setelah sambutan sambutan, ada pagelaran seni, dan kami pun preparing untuk kostum dan sebagainya. Preparing kostum ini paling riweh, Cuma 5 menit doang persiapan. Setelah preparing kostum, kami kembali ke aula dan langsung show ! Senam dan tarian koreo oleh mas sulton ganteng uty, and finnaly we did. Setelah 1 bulan kami latihan intens hha.

Dilanjutkan oleh performance by Kelab Keusahawan UMP dengan akustikan lagu Pantas dari Hanie Soraya mendadak jadi syahdu satu ruangan :D

Setelah bersyahdu, kami lanjut dengan pertunjukan drama kami, Kancil dan timun mas. Sukses bikin ketawa diri sendiri dan audiens. Karena basiclly kami drama menggunakan bahasa melayu. Cukup sukses dengan drama, pak tani yang seharusnya mas haidar yang perform, gagal tampil dan di kebut oleh mas sabil dengan improvisasi yang super keren hahaaha. Lalu si bomo aka koen yang tiba tiba lucu dan totalitas banget di panggung hahaha.

Setelah opening ceremony, kami kembali ke ruang briefing,lalu kami sholat jumat terlebih dahulu di student center UMP. Dan setelah kami jumatan, kami lunch dengan nasi lemak lagi yang menurut azis, ini lebih enak daripada yang diawan hahaha. Lalu setelah makan, kami diajak langsung ice breaking dan games. Jadi gamesnya itu kami diberikan sebuah barang random, lalu kami dituntut untuk berkreasi akan jadi apa barang tersebut, dan bagaimana barang tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini memicu banget dengan kreatifitas dan inovasi.

Daaan setelah seharian di UMP, kami kembali ke homestay masing masing dan langsung mandi !!! hahaha. Hari pertama merupakan hari yang tergolong gokil dan baru. Dan disitu kami mulai pw. Dan permasalahan di hari pertama adalah, beli paket data di malaysia bagaimana caranya -_-. Yeah. Dan aku sendiri pun prefer anak fakir wifi haha. Then we sleep atleast at 1 am.
Well, untuk DAY 2 azis sambung di postingan selanjutnya karena besok ada kuliah jam 7 pagi.