Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif

1:01 AM




A: Bro, gue punya produk nih, ini bikinan gue sendiri asli. Terus gue harus gimana biar seluruh indonesia tau, bahkan dunia tau, semua tau, termasuk gebetan gue?
B: Belajar TI bro 


Okebaik, here we go !


Berbicara tentang peranan TI dalam Industri Kreatif itu luas banget. Dan disini gue akan menjelasken, apasih peranan TI dalam Industri Kreatif? Bukan hanya itu, gue akan menjelaskan juga sedikit tentang definisi keren dari Teknik dan Informatika serta Industri Kreatif itu sendiri :D 



Definition of Informatic and Telecommunication (pake bahasa inggris biar gaul)

kalau di buku buku, TI itu studi atau peralatan elektronik, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apapun, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (Oxford Dictionary)

Peran TI-pun aslinya dibagi menjadi 5 macam. tapi kalau aku jelasini nanti malah kayak bikin makalah hehe  

Gue kasi analogi atau contoh aja ya dalam kehidupan, how TI works in your life #ea 

Ceritanya, kamu adalah mahasiswa aktif kreatif yang lagi mau bikin projek penemuan mu. Dan ternyata disaat kamu mengadakan meeting khusus untuk memulai projek, salah satu key player mu sedang ada di luar kota. Disini kamu mengandalkan Skype Video Call agar dia tetap bisa terhubung. 

Nah, pada saat itu, temanmu yang lagi di luar kota mau minta software dan dokumen perencanaan projekmu, dan pada saat itu, kamu memanfaatkan fasilitas Cloud. Sehingga temanmu yang sedang diluar itu dapat mendapatkan file tersebut tanpa harus copy paste by flash drive. 

Dan tiba tiba, temanmu yang sedang diluar kota mendapatkan kebingungan saat instalasi. Dan disini kamu memanfaatkan Team Viewer untuk membantunya, disini Team Viewer merupakan software dimana kamu bisa mengendalikan komputer temanmu jarak jauh, Teknologi TI hebatkan? 

Setelah Semua selesai, projekmu terbuat dengan baik, kamu memerlukan proses publikasi secara global agar semua tahu, perusahaan luar tahu, gebetan dan mantan dan sebangsanya kalau "ini loh aku punya penemuan", dan disini kamu menggunakan fasilitas web dan blog untuk publikasi. And it's Free  


How well TI did right? Dan TI pun akan berguna jika usernya menggunakan dengan sebaik baiknya :)
 
Creative Industry

Dari kata kata pertamanya, Kreatif, wih, berarti kan industri disini beda dari yang lainnya, unique, dan punya inovasi yang keren. Nah disinilah TI akan berperan agar industri kreatif akan dapat diketahui oleh semua, sehingga tertariklah rasa ingin tahu si konsumen terhadap industri tersebut. All things will easy using TI. TI akan sangat menjadi peran penting di masa akan datang, semua serba digital :D 



so, where's the point?  

Oke, here we goh, topik utama kita, 

PERAN TI pada INDUSTRI KREATIF

langsung aja yuk? hayuk


1. Memudahkan dalam Pemasaran 


Yup, peran TI dalam Industri Kreatif yang pertama adalah Memudahkan. Namanya juga Tele-komunikasi kan? So, disini kita dapat dengan mudah untuk memasarkan produk. Disini Sektor Industri Periklanan-lah yang sangat berperan. Dan dalam TI, kita dengan mudah melakukan periklanan via online, entah itu Blog? Web? atau layanan iklan seperti Google Adsense? dan sebagainya 

2. Connecting People



Connecting People atau bisa kita sebut dengan saling terhubung. Kenapa Peran Connecting People disini dikaitkan dengan peran TI pada Industri Kreatif? Yap. Didalam TI, kita dapat mempertemukan investor dengan luas, lalu kita dapat meminta investor tersebut dalam hal untuk menjalin/ membiayai/ membentuk dalam projek industri kreatif kita dimana kita sudah tau kalau kreatif disini adalah karya orisinil.

3. E - Transaction atau Internet Banking



Dalam kehidupan industri kreatif, kita tidak lepas dari yang namanya jual beli atau transaksi. IT telah berkembang pesat sekali. Saat ini kita dapat bertransaksi dengan konsumer dengan mudah dan cepat. Kita tidak perlu lagi ke ATM untuk cek apakah penjual sudah membayarnya atau belum, bukan hanya si Pemilik Industri tapi si Penjual pun dimudahkan untuk bertransaksi hanya dikamar haha. :)

4. Rating UP

 

Ini adalah harapan para pembangun Industri Kreatif, yaitu dapat meningkatkan Rating dari Industrinya. Di dalam hal ini, IT dapat membantu kita untuk Rating up Industri kita. Dengan cara? Publikasi, Bagaimana? Bangun Website :) Lalu? Perindahlah websitemu sebaik mungkin, se-elegan mungkin dan layani konsumen atau visitor dari webmu dengan setulus hati. hal kecil tersebut merupakan langkah Industri kita maju. 



Nah, itulah mereka, sedikit peran TI pada Industri Kreatif, khususnya dalam publikasi, meningkatkan kualitas pelayanan, dan bertransaksi. 

TI akan sangat bermanfaat bagi kehidupan jika kita dapat menghandlenya dengan baik dan benar. Industri Kreatif akan semakin berkembang, karena pemuda bangsa saat ini sudah mempunyai ide kreatif yang sangat tinggi. Tinggal kemauan, doa dan usahalah yang menentukan :) (bijak men)

END 






You Might Also Like

0 coments

Abdurrachman Azis. Powered by Blogger.
Naruto Uzumaki Pointing Finger

Business Profile

Blog Archive